FOLLOW TWITTER

WELCOME TO MY BLOG,HOPE YOU ENJOY THE PRESENTATION OF ARTICLES AND INFORMATION AVAILABLE,IF YOU WOULD LIKE TO COPY THIS BLOG ARTICLE SPECIFY THE SOURCE,FOLLOW TWITTER @diazkp & @ChitUM_UG,THANK YOU.

Senin, 24 Januari 2011

Keistimewaan Nilai-Nilai Seni Budaya Indonesia




Seperti yang kalian ketahui bahwa negara kita indonesia mempunyai berbagai macam dan bentuk nilai-nilai sosial budaya yang beraneka ragam sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah.

bentuk dari nilai-nilai sosial budaya itu antara lain adalah pakaian tradisional,alat musik tradisional,tarian tradisional,senjata tradisional,permainan tradisional dan masih banyak lagi yang lainnya.
kadang kita sebagai kaum generasi muda seakan terlena dan lupa tentang keberadaan nilai-nilai seni budaya di negara kita dan kadang tak acuh dengan hal tersebut itu yang menyebabkan nilai budaya kita sampai di klaim oleh negara-negara lain karena kita tidak bisa menjaga dan melestarikan nilai kebudayaan itu dengan baik sebagai generasi penerus yang seharusnya menjaga warisan nilai-nilai kebudayaan itu.
Pertama kita akan membahas tentang pakaian tradisional di negara kita salah satunya ialah batik,seperti kalian ketahui batik merupakan salah satu karya bangsa negara kita yang sangat khas dengan motif dan coraknya yang terlukiskan pada selembar kain.
Didalam pembuatan kain batik yang sangat rumit menyimpan nilai ke eksotisan tersendiri dan nilai jual yang tinggi di dalam negri maupun luar negri,awalnya batik hanya digunakan dalam satu produk tertentu saja namun seiring perkembangan jaman batik bisa di aplikasi kan ke dalam bentuk pakaian-pakaian modern jaman yang sekarang yang bisa menjadikan tren baru didalam dunia fashion saat ini yang bisa menarik perhatian dunia luar akan batik dan kita sebagai generasi muda seharusnya bangga dengan hal tersebut dan ikut melestarikan juga menjaganya.




Gambar diatas adalah salah satu contoh penerapan batik pada perkembangan fashion jaman sekarang yang diperagakan oleh model


Salah satu nilai-nilai seni budaya indonesia adalah tarian tradisional yang pada setiap daerah di indonesia mempunyai tarian khas masing-masing di daerahnya yang saling berbeda satu sama lain dan mempunyai keunikan tersendiri.
Berikut adalah berbagai macam tarian daerah di indonesia dan asal daerahnya:


1.Tari-tarian daerah Bali


  • Tari legong
  • Tari kecak
  • Tari pendet(sempat diklaim sebagai warisan malaysia)


2.Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh


  • Tari seudati
  • Tari saman meuseukat


 3.Tari-tarian Daerah Bengkulu


  • Tari Andun
  • Tari Bidadari Teminang Anak


 4.Tari-tarian Daerah Riau


  • Tari Tandak
  • Tari Joged lambak
Diatas adalah macam nama tarian tradisional indonesia dalam sebagian kecil dan masih banyak lagi tarian tradisional di daerah-daerah lain.
Adapun  tarian tradisional tidaklah kalah dengan tarian modern yang sudah bermunculan saat ini justru tarian tradisional kita bisa berkancah di dunia internasional dan membanggakan nama negara kita dan tidak ada salahnya kita mempelajarinya dan mendalaminya agar tarian tradisional kita lebih dikenal banyak di mata dunia.

Alat Musik Tradisional.tahukah kamu bahwa negara kita mempunyai berbagai macam alat musik tradisional yang berbeda-beda tiap daerahnya yang suaranya tidak kalah indah dan merdu dengan alat musik modern jaman sekarang.
justru alat musik tradisional mengeluarkan bunyi yang sangat khas.
dan sekarang ini alat musik tradisional bisa di padukan dengan alat musik modern jaman yang sekarang yang mengeluarkan nada-nada yang harmonis dan berbeda dari yang lain.
Gambar di samping adalah salah satu contoh alat musik tradisional kita yaitu yang bernama Angklung.


Gambar disamping kiri ini adalah salah satu bentuk alat musik tradisional negara kita yang bernama sasando.
Sasando adalah sebuah alat instrumen musik petik yang berasal dari pulau rote,nusa tenggara timur.alat musik ini terbuat dari bambu dan daun lontar,alat musik ini mengeluarkan suara yang sangat merdu seperti tidak jauh beda dengan alat musik kecapi.
masih banyak lagi macam-macam alat tradisional di negara kita dan marilah kita belajar untuk memainkan dan mencoba salah satu dari sekian banyak alat musik tradisional di negara kita yang tidak kalah dengan alat musik modern saat ini.


Gambar disamping merupakan salah satu bentuk dari permainan tradisional yang terdapat di negara kita yang menggambarkan betapa kaya nya kita akan nilai-nilai seni dan budaya salah satunya ialah permainan tradisional.
jaman sekarang permainan tradisional sudah mulai hilang dan ditinggalkan oleh generasi muda saat ini padahal kalau kita lihat lebih dalam lagi bahwa permainan tradisional kita mempunyai berbagai macam permainan yang seru dan melatih kemampuan otak kita.salah satu permainan tersebut adalah gasing,dolanan,kaulinan badak dan masih banyak yang lain.
bahwa permainan tradisional itu lebih mengasyikan  daripada permainan modern jaman sekarang kita seharusnya sebagai anak muda bangga mempunya permainan buatan dan ciptaan dari negri sendiri yang permainan tradisional juga mempunya berbagai macam keunggulan salah satunya adalah:hemat biaya karena bisa dibikin sendiri,tidak memerlukan listrik atau semacamnya,melatih kecerdasan anak dalam berkompetisi dengan lawan mainnya,dan membuat kita bersosialisasi antara satu dengan yang lainnya yang membuat permainan tersebut menjadi lebih seru.



wayang.Dalam kamus bahasa sunda adalah wayang adalah boneka berbentuk manusia yang terbuat dari kulit maupun kayu dan wayang sama dengan sandiwara boneka.
dari berbagai macam boneka modern yang bermunculan saat ini kita seakan lupa akan keberadaan boneka yang satu ini yang merupakan salah satu nilai-nilai kebudayaan kita,wayang tidak hanya sebuah boneka saja tetapi bisa dijadikan sebuah pertunjukan wayang atau yang kita kenal sekarang ini adalah sandiwara boneka yang mempunya berbagai macam cerita yang seru-seru dan mempunyai nilai pembelajaran di dalamnya.seperti kita ketahui wayang yang saat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu wayang kulit yang terbuat dari kulit hewan yang dikeringkan dan wayang golek yang terbuat dari kayu yang di ukir sedemikian rupa menjadi bentuk yang diinginkan.
saat ini wayang sudah mulai berkembang dengan adanya variasi perubahan wayang sekarang yaitu wayang laser yang sekarang masih baru kemunculannya tetapi kita jangan pernah lupa akan wayang terdahulu yang tidak jauh bagusnya dari wayang yang baru sekarang ini.

Gambar diatas adalah salah satu bentuk wayang golek yang terbuat dari kayu


Gambar diatas adalah bentuk wayang golek dengan karakter modern

Jadi mulai sekarang kita wajib bangga akan keanekaragamn nilai-nilai seni dan budaya yang terdapat di negara kita yang kaya akan berbagai macam seni dan budaya dan ikut peran serta meningkatkan nilai-nilai seni dan budaya tersebut agar tidak hilang ditelan jaman dan menjaganya agar tidak di rebut atau diklaim oleh negara lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar