FOLLOW TWITTER

WELCOME TO MY BLOG,HOPE YOU ENJOY THE PRESENTATION OF ARTICLES AND INFORMATION AVAILABLE,IF YOU WOULD LIKE TO COPY THIS BLOG ARTICLE SPECIFY THE SOURCE,FOLLOW TWITTER @diazkp & @ChitUM_UG,THANK YOU.

Minggu, 19 Desember 2010

Makam Ibu Inggit Terancam Ambruk

Liputan6.com, Bandung: Kondisi makam Ibu Inggit Garnarsih, istri proklamator Soekarno, di TPU Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat, sangat memprihatinkan. Enam pilar penyangganya miring 20 derajat dan nyaris roboh karena dimakan usia.
Pengurus makam Oneng Rohiman, baru-baru ini, mengatakan, kondisi makam yang memprihatinkan sudah terjadi sejak setahun silam. Jika hujan turun, makam tersebut langsung basah diguyur air karena atapnya rusak. Bila kondisi ini terus dibiarkan, bukan tak mungkin, cungkup makam akan roboh.
Tak hanya tiang penyangga, lantai keramik serta sebagian temboknya juga pecah. Pilarnya terus bergeser karena adanya pergerakan tanah. Ironisnya, hingga saat ini belum ada upaya perbaikan makam, baik dari dari pihak keluarga maupun pemerintah.
Oneng Rohiman menambahkan, sejak dibangun pada 1990, area pemakaman Ibu Inggit pernah direnovasi oleh mantan Wakil Gubernur Jabar Numan Abdul Hakim. Biasanya makam tersebut selalu ramai dikunjungi pada saat hari Kemerdekaan Indonesia. Mereka yang datang umumnya para pejuang dari berbagai daerah serta sejumlah pengurus partai politik bila menjelang pemilihan umum.
Di area makam terdapat sejumlah foto Ibu Inggit bersama Soekarno. Ada juga sebuah cermin yang terpasang tepat berada di atas makam. Sebagai aset yang mempunyai nilai sejarah, diharapkan makam tersebut segera diperbaiki.(ULF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar